Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 08 Januari 2013

Pengertian ilmu linguistik

0 komentar

Kata Linguistik (berpadanan dengan linguistics dalam bahasa Inggris, linguistique dalam bahasa Perancis, dan linguistiek dalam bahasa Belanda) diturunkan dari kata bahasa Latin lingua yang berarti ‘bahasa’. Di dalam bahasabahasa “Roman” yaitu bahasa-bahasa yang berasal dari bahasa Latin, terdapat kata yang serupa atau mirip dengan kata latin lingua itu. Antara lain, lingua dalam bahasa Italia, lengue dalam bahasa Spanyol, langue (dan langage) dalam bahasa Perancis. Bahasa Inggris yang memungutnya dari langage Perancis menggunakan bentuk language. Tidak diketahui apakah kata bahasa Arab lughotun masih berkaitan dengan deretan kata-kata diatas.
            Disini perlu diperhatikan bahwa bahasa Perancis mempunyai dua istilah, yaitu langue dan langage dengan makna yang berbeda. Langue berarti suatu bahasa tertentu, seperti bahasa Inggris, bahasa Jawa atau bahasa Perancis. Sedangkan langage berarti bahasa secara umum, seperti tampak dalam ungkapan “Manusia punya bahasa sedangkan binatang tidak”. Di samping istilah langue dan langage bahasa Perancis masih punya istilah lain mengenai bahasa yaitu parole. Apakah parole itu? Yang dimaksud dengan parole adalah bahasa dalam wujudnya yang nyata, yang konkret, yaitu yang berupa ujaran. Karena itu, bisa dikatakan ujaran atau parole itu adalah wujud bahasa yang konkret, yang diucapkan anggota masyarakat dalam kegiatan sehari-hari, langue mengacu pada suatu sistem bahasa tertentu. Jadi, sifatnya lebih abstrak. Sedangkan langage adalah sistem bahasa manusia secara umum: jadi, sifatnya paling abstrak.
            Begitulah bahasa-bahasa di dunia ini meskipun banyak sekali perbedaannya, tetapi ada pula persamaannya. Ada ciri-cirinya yang Universal. Hal seperti itulah yang diteliti oleh Linguis. Maka karena itulah linguistik sering dikatakan bersifat umum; dan karena itu pula nama ilmu ini, linguistik, biasa juga disebut linguistik umum.
            Dalam bahasa Indonesia kata linguistik bukan hanya berarti ilmu tentang bahasa, tetapi juga berarti bahasa itu sendiri, atau mengenai bahasa. Misalnya, dalam ungkapan keadaan linguistik di Indonesia berarti “keadaan bahasa di Indonesia”, dan frase tataran linguistik berarti “tataran bahasa”.
                                                            Sumber: Linguistik umum oleh Chaer

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer